Cara Setting Network di Ubuntu Server


Lama tidak pernah posting di blog lagi ini gan...kali ini saya akan memberikan tutorial cara setting network di ubuntu servver. nah pertama kita kenali dulu apa itu address IP, yang sudah tau langsung saja ke TKP tapi kalau yang belum tau sebaiknya anda baca dulu pengertian ini. Address merupakan identitas sebuah komputer yang tersambung kedalam jaringan agar bisa dikenali oleh komputer lainnya, syarat masing-masing identitas itu tidak boleh ada yang sama antara satu dengan lainnya, dalam identitas tersebut adalah computer name dan IP Address. Jika dalam satu area jaringan terdapat kesamaan identitas baik nama komputer ataupun IP Address maka salah satu dari komputer itu tidak akan tersambung ke jaringan, sebagai penanda terjadinya kesamaan nama komputer biasanya muncul critical "duplicate comptuer name", dan apabila teradapat kesamaan IP Address biasa nya muncul critical "conflict ip address".
Nah saya rasa saya cukup pengertiannya selanjutnya langsung saja di praktekan gan.

1. Memberi ip address, ketikkan perintah pico /etc/network/interfaces
auto lo
iface lo inet loopback
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.5.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.5.0
broadcast 192.168.5.255

2. Merubah nama computer (host), ketikkan perintah pico /etc/hosts
127.0.0.1 localhost
192.168.5.1 tkj1.net tkj

3. Mengatur ip resolver, ketikkan perintah pico /etc/resolv.conf
domain tkj1.net
search tkj1.net
nameserver 192.168.5.1

4. Simpan perubahan pada network dengan cara merestart service network, ketikkan perintah
/etc/init.d/networking restart

5. Tes konfigurasi dengan mengetikkan perintah
ping 192.168.5.1 --> ping ip address
ping tkj1.net --> ping host
ping tkj --> ping alias host

nah simple kan gan??gimana sudah paham dan sudah dipraktekan belum??berhasil tidak gan??
untuk lengkapnya kamu dapat lihat secara lengkap atau bahkan men download nya melalui link yang telah saya lampirkan dibawah ini. karena materi ini saya dapatnya sewaktu masih SMK dulu jadi saya simpan di google drive. supaya ilmunya tidak mubazir maka saya bagikan materinya. Semoga bermanfaat. thank's.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting Network di Ubuntu Server"

Post a Comment