Cara menginstal dan konfigurasi DHCP Server di linux debian

 

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

Prinsip kerjanya kurang lebih adalah sebagai berikut, pada saat Server DHCP aktif, maka server DHCP menyediakan range IP pada kelas tertentu, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh admin. Kemudian, pada saat komputer client yang terhubung ke jaringan aktif, sistem operasi akan mencari ke DHCP server, apakah ada IP yang bisa direservasi. Jika ada, maka Server DHCP akan memberikan IP tersebut.Pada DHCP, lama waktu IP yang diberikan pada setiap komputer bisa dibuat dinamis, artinya setelah pada waktu tertentu, maka IP yang ada pada komputer client akan habis masa penggunaannya. Ini disebut lease IP.

Ada juga yang sifatnya, IP tersebut tetap berada di komputer client, selama kartu jaringannya tidak rusak tentunya. Seperti halnya program linux lain nya file yang harus disiapkan untuk menginstall dhcp server adalah:

# rpm –ivh dhcp-server-3.0.5-7mdv2007.1.rpm

Nama file bisa saja selalu berbeda pada 3.05-7mdv2007 karena ini merupakan versi dari dhcp dan jenis linux yang digunakan.

Dalam tutorial ini akan membahas beberapa point, diantaranya :

A.  Menyiapkan File (Distribusi) DHCP Server
1. Spesifikasi perangkat keras diverifikasi
2. Distribusi DHCP server dipilih sesuai dengan sistem operasi jaringan yang digunakan
3. Daemon DHCP server diinstall

B. Melakukan konfigurasi DHCP server
1. Option IP address asignment acak ditambahkan
2. Option lease time ditambahkan
3. Option subnet mask ditambahkan
4. Option broadcast address ditambahkan
5. Option router / gateway ditambahkan
6. Option domain name server ditambahkan
7. dll

C. Menjalankan Daemon DHCP Server

D. Melakukan verifikasi

E. Membuat Dokumentasi


Untuk lebih jelasnya anda bisa buka link dibawah ini , karena filnya saya simpan di google drive untuk memudahkan anda melihat ataupun mendalami konfigurasi DHCP Server pada linux. anda juga dapat mendownloadnya secara gratis.

Download

Baca juga materi dibawah ini karena ini sangat mendukung/ saling berkaitan dengan tutorial diatas :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menginstal dan konfigurasi DHCP Server di linux debian"

Post a Comment