Manajemen Keamanan Komputer ( Manajemen Keamanan Komputer ) 1

Keamanan komputer sering kali diabaikan oleh organisasi yang memanfaatkan komputer terutama usaha kecil dan menengah. Hal tersebut karena usaha kecil dan menengah tidak mempunyai pengetahuan, sumber daya yang sesuai bahkan kesadaran untuk mengamankan komputer. Lebih lanjut lagi keamanan komputer harus menjadi perhatian pada tingkat manajemen, yang berarti keamanan komputer menjadi perhatian yang lebih penting. Tulisan ini dibuat untuk membantu usaha kecil dan menengah untuk melakukan keamanan komputer yang dimanfaatkannya.

Tulisan ini dibagi atas lima bab sebagai berikut:

Bab 1 : Pendahuluan membahas latar belakang, tujuan keamanan dan perlindungan sistem informasi dan konsep dasar manajamen keamanan sitem informasi.
Bab 1 mengacu pada Krutz and Vinez 2003 dan Shea 2002.

Bab 2 : Kebutuhan Keamanan Sistem Informasi membahas klasifikasi kebutuhan keamanan sistem informasi, klasifikasi perlindungan informasi dan manajemen resiko sistem informasi.
Bab 2 mengacu pada Krutz and Vinez 2003, Shea 2002 dan Turban et. al 2004.

Bab 3 : Model Ekonomis Keamanan Sistem Informasi membahas memperkirakan potensi kerugian pada keamanan sistem informasi, proses pengumpulan informasi aset keamanan dan analisis ekonomi perancangan dan penerapan keamanan sistem informasi.
Bab 3 mengacu pada Krutz and Vinez 2003 dan Gregg and Kim 2005.

Bab 4 Implementasi Keamanan Sistem Informasi membahas tanggung jawab keamanan sistem informasi, kegiatan mengumpulkan status keamanan sistem informasi, teknologi keamanan sistem informasi dan implementasi kebijakan keamanan sistem informasi.
Bab 4 mengacu pada Krutz and Vinez 2003, Gregg and Kim 2005, Shea 2002, Turban et. al 2004 dan Young and Aitel 2004.

Bab 5 Kesimpulan dan Saran membahas kesimpulan dan saran penulisan.

giamana sudah mulai penasaran?? untuk lengkapnya anda dapat lihat secara lengkap atau bahkan men download nya melalui link yang telah saya lampirkan dibawah ini. karena materi ini saya dapatnya sewaktu masih SMK dulu jadi saya simpan di google drive. supaya ilmunya tidak mubazir maka saya bagikan materinya. Semoga bermanfaat.

Download

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Keamanan Komputer ( Manajemen Keamanan Komputer ) 1"

Post a Comment