Pengertian , Tujuan dan Keamanan FTP (File Trasfer Protokol)


FTP??apa itu FTP?yang sering melakukan pertukaran data secara online pastinya sudah tau apa itu FTP, pengertian secara umum File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Ada dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. 

Pertama kita bahas dulu tetang FTP server , FTP server merupakan suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap imemberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan dari FTP client. 

Sedangkan FTP client meruoakan komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file apapun. Kemudian setalah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-delete, meng-upload, men-download, me-rename, dll sesuai dengan permission (ijin) yang diberikan oleh FTP server. 

  • Berberapa tujuan dari FTP server yaitu : 
    • Digunakan untuk tujuan sharing data 
    • Digunakan untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer 
    • Digunakan untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user 
    • Digunakan untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
  • Keamanan FTP
    FTP sebenarnya bukanlah cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Dikarenakan pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, ataupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer).
  • Mode Dalam FTP
    Pada FTP server, ada 2 mode koneksi yaitu aktif mode (active mode) dan pasif mode (passive mode).
  • Perintah FTP
    Perintah-perintah FTP yang dikirimkan terdiri atas string teks sederhana (mengikuti protokol Telnet). Contoh, untuk mendapatkan kembali suatu file, client mengirimkan “RETR filename” di koneksi kendali ke FTP server. Berfungsi untuk mentransfer suatu file, client akan mengirimkan “STOR filename”.
Untuk lengkapnya kamu dapat lihat secara lengkap atau bahkan men download nya melalui link yang telah saya lampirkan dibawah ini. karena materi ini saya dapatnya dari guruku sewaktu masih SMK dulu yang ternyata sumbernya dari ilmu komputer jadi saya simpan di google drive. supaya ilmunya tidak mubazir maka saya bagikan materinya. Semoga bermanfaat. thank's.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian , Tujuan dan Keamanan FTP (File Trasfer Protokol)"

Post a Comment